About Us

Ono Niha Development and Heritage adalah sebuah komunitas yang berkomitmen memberikan perhatian dalam pembangunan, pengembangan wilayah Kepulauan Nias, perdesaan dan pelestarian pusaka Ono Niha, yakni Suku Nias yang mendiami Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

 

Dalam berbagai kesempatan, komunitas mendorong semaksimal mungkin partisipasi masyarakat Ono Niha mengambil peran dalam pengembangan perdesaannya secara maksimal dan berkelanjutan, menerapkan kebijakan lokal mulai dari yang paling sederhana sekalipun, juga sekaligus mengemukakan pemeliharaannya dalam masyarakat dan ditradisikan sebagai warisan pusaka yang bernilai luhur. Ono Niha Development and Heritage sebelumnya telah menjembatani berbagai kegiatan dan tindak nyata penuh kreativitas dalam berbagai kesempatan sehingga dipandang perlu untuk memperluas jangkauan inisiatif pengembangan dan pelestarian pusaka Ono Niha melalui media online yakni website www.ono-niha.com.

 

Komunitas melihat realita dari waktu ke waktu bahwa pengembangan dan pembangunan masyarakat Ono Niha di Kepulauan Nias berawal dari penerapan konsep-konsep terkecil dalam keseharian Suku Ono Niha/Nias dan pada banyak sendi telah menjadi pusaka yang berharga. Hal tersebut menjadi dasar dan tolok ukur mengembangkan dirinya dan telah memberi bentuk lisan maupun fisik, misalnya baik dalam setiap rangkaian parade perayaan maupun dalam pengembangan di setiap perkampungan. Konsep ini telah dan kelak bermanfaat sehingga selanjutnya berfungsi semakin maksimal sejalan dengan mendorong kebijakan lokal yang dimiliki oleh Ono Niha dalam upaya pelestarian warisan pusaka.

 

Jakarta, 14 Februari 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>