Siap Dipasarkan Aneka Kreasi Anyaman Produk Kerajinan Unggulan Khas Nias

Ono Niha/SRFD- sebagai upaya pro aktif dalam menindaklanjuti permintaan masyarakat untuk mengatasi kesulitan ekonomi akibat ambruknya harga jual beberapa hasil bumi di Kepulauan Nias, maka Komunitas Ono Niha Development & Heritage merintis beberapa peluang yang melibatkan masyarakat desa, khususnya kaum ibu dan perempuan. Komunitas memberikan nama pada pekerjaan ini sebagai Program Penguatan Peranan Perempuan, Keluarga dan Perdesaan. Pendekatan tersebut berupa merevitalisasi kembali aneka pengetahuan lokal masyarakat tradisional yang telah dan hampir punah, seperti keahlian menganyam, keahlian bercocok-tanam, keahlian menenun dan keahlian mengolah bahan pangan.

Upaya dilakukan di seluruh desa di Kepulauan Nias yang bersedia dan siap untuk menggali potensi desanya. Partisipasi masyarakat yang dibangun dan dibina serta telah mengkristal yakni salah satunya pada kreasi anyaman yang berhasil dihidupkan kembali. Langkah terpadu tersebut diawali dengan mengembangbiakkan bahan baku anyaman secara intensif dan berakhir hingga pada proses finishing sebuah produk.

Aneka produk bisa dilihat pada gambar berikut, berupa tempat sirih tradisional, wadah multi fungsi, tas pesta, tas kerja, taplak meja, dekorasi rumah, tas laptop/handphone, hiasan dinding, lampu hias, dsb. Koleksi anyaman khas Nias serta  proses pembuatannya dapat dilihat langsung di workshop OMO NUFO SINASA dengan membuat termin pertemuan terlebih dahulu.

ANEKA TAPLAK MEJA BERBAGAI BENTUK, MOTIF DAN LAPISAN

155Taplak meja 40x50cm

187

99

100

ANEKA DOMPET DAN TAS MAKE UP BERAGAM MOTIF DAN WARNA

 163

164

160

161

 ANEKA TAS LAPTOP/NOTEBOOK

105-vert67a

Tas laptop atau notebook bentuk dompet besar atau map

103

104

ANEKA TAS PESTA/CLUTCH

98
96

90

 ANEKA TEMPAT SIRIH KHAS NIAS DENGAN BERBAGAI MOTIF, LAPISAN DAN KOMBINASI

65

 

62

10

Foto koleksi Sara Rai F. Duha by Omo Nufo Sinasa

Seluruh produk/katalog bisa dipesan melalui:

OMO NUFO SINASA (Workshop)

Jl. Saonigeho Km. 3, Telukdalam 22865

Kabupaten Nias Selatan/Pulau Nias

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>