Kursus Membuat Anyaman Tikar Khas Desa Bawödobara di Kabupaten Nias Selatan

Anyaman tikar merupakan seni kerajinan tangan yang telah dikuasai oleh Suku Ono Niha turun-temurun. Pada masa lampau di masing-masing wilayah kerajaan di Nias, tikar memiliki kekhasannya, beragam bentuk dan beragam fungsi pula. Sebelumnya website ini telah memperkenalkan anyaman sinasa (baca artikel di sini) yang sudah mulai jarang ditemui dan hampir punah karena tiadanya regenerasi pengrajin.

Untuk mempercepat pelestarian seni anyaman tersebut, maka telah dibuka kelas belajar menganyam tikar di Kota Telukdalam. Dalam kursus ini akan diajarkan membuat anyaman tikar khas Desa Bawödobara, yang dahulu adalah wilayah Öri To’ene’asi dan sekarang berada di Kecamatan Toma, Kab. Nias Selatan. Pelatihnya diundang secara khusus yaitu pakar anyaman tikar yang tinggal beberapa orang saja dari desa tersebut.

Peserta akan diajarkan pelajaran dasar yaitu mengenal anyaman, bentuknya, bahan baku dan praktek langsung dengan bantuan bahan daun pisang. Setelah mahir, peserta diajarkan menganyam dengan bahan baku lokal. Beberapa contoh tahapan dalam belajar membuat anyaman tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tahapan dasar mengayam

2. Tahapan dasar lanjutan menganyam

3. Salah satu materi pelajaran yakni mengenal bahan baku, seperti bahan dari batang pisang sebagai bahan baku berwarna alami

3_stempel

4. Motif ni’otarawa adalah teknik menggabungkan dua anyaman zig-zag.

4@

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi di ono.niha2000@gmail.com dengan subject “Kursus Anyaman Tikar”.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 thoughts on “Kursus Membuat Anyaman Tikar Khas Desa Bawödobara di Kabupaten Nias Selatan

  • March 30, 2015 at 4:36 AM
    Permalink

    I’m truly enjoying the design and layout of your blog.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit
    more often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Outstanding work!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>