Course for Our Youth: How We Build Again Our Traditional House

Telah dibuka kelas belajar membuat miniatur rumah adat khas Nias Selatan di Kota Teluk Dalam. Kelas kursus mengundang pengajar generasi muda dan tenaga ahli perkayuan daerah setempat yang tekun melestarikan penguasaan teknik membangun rumah adat.

Foto: NTbanua, 2013 Foto: NTbanua, 2013

Kelas seni kriya ini semula dirintis dan diperuntukkan khusus untuk pelajar, namun oleh karena peminat berdatangan juga dari kalangan dewasa, maka kelas khusus ditambah dengan menyesuaikan jadwal peserta 

Foto: NTbanua, 2013Foto: NTbanua, 2013

Di sini peserta belajar membuat rumah adat secara bertahap dan membuat miniatur mendekati seasli mungkin rumah tradisionalnya. Ukuran miniatur yang telah dicoba adalah dalam skala 1:300 atau 1:200. Hal unik dalam pembelajaran adalah bahan yang dipergunakan. Peserta pemula memanfaatkan karton bekas sebagai bahan baku dalam pelajaran dasar. Mengingat pembuatan miniatur dengan bahan baku kayu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, diharapkan melalui pemanfaatan limbah karton yang lebih memudahkan akan menumbuhkan minat para pelajar untuk menguasai teknik sulit dalam pembuatan rumah adat Nias Selatan dan selanjutnya menekuni pembuatan miniatur dari bahan kayu asli.

Waktu kursus fleksibel dan disesuaikan dengan jadwal peserta, apakah intensiv atau mingguan. Umumnya kursus dilaksanakan dalam waktu libur sekolah atau libur panjang. Untuk informasi selanjutnya, silakan menghubungi komunitas melalui laman ini (ON)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>