ICHS XIV di Pantry Magic-Jakarta

Kolaborasi antara Noniawati Telaumbanua, Lisa Virgiano dari Komunitas Azanaya dan Chindy Lie pengusaha Pantry Magic Jakarta berawal dari minat yang sama untuk melestarikan pusaka kuliner Indonesia.

Brosur Event ICHS XIV (Photo: NTbanua 2014)

Brosur ICHS XIV (Photo: NTbanua 2014)

Pada tanggal 20 Februari 2014 bertempat di dapur Pantry Magic, Kemang-Jakarta sebuah event bertajuk ICHS XIV (Indonesian Cooking Heritage Series XIV) berlangsung di sana. ICHS ini merupakan kegiatan rutin di Pantry Magic Jakarta yang memberikan ruang bagi seluruh praktisi kuliner dari seluruh Nusantara dan peserta yang menaruh minat dalam melestarikan pusaka kuliner.

ICHS XIV kali ini mengetengahkan Kuliner Nias Selatan. Dikemas sebagai cooking show dan diskusi menjadi ruang bagi beberapa peserta yang tidak sempat hadir atau tidak mendapatkan undangan pada acara pameran kuliner tanggal 16 Februari 2014 sebelumnya. Peserta yang hadir berasal dari dalam dan luar negeri mulai dari ibu rumah tangga, pengusaha, tenaga ahli perusahaan asing hingga chef pada salah satu media televisi nasional.

Kuliner yang diperkenalkan bukan hanya kuliner asli saja melainkan juga kuliner Nias Selatan hasil modifikasi resep pada Fakhe Nifalögu, Fale Laira, Lehe Dalö Nigule dan Eggnog Tuo Nifarö. Semua bahan dan alat masak khusus yang dipakai dalam cooking show didatangkan langsung dari Nias Selatan. Bahan-bahan masakan dipilih dari produk lokal yang dipesan khusus untuk diproduksi, diolah dan diproses secara organik.  Acara diselingi dengan perkenalan dengan masing-masing peserta, diskusi mengenai Nias Selatan, berbagai info terkini tentang makanan organik dan input untuk event kuliner Nias selanjutnya.

Pada akhir acara, semua peserta disuguhi perpaduan resep racikan Eropa dan Nias yaitu Eggnog Tuo Nifarö sebagai hidangan penutup. (ON)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>