Prospektif & Wacana Pemekaran Kabupaten Nias Menuju Pembentukan Propinsi Tanö Niha

         Publikasi yang dirintis dan ditulis oleh Restu Jaya Duha dan Noniawati Telaumbanua sejak tahun 1999. Buku yang berawal dari inspirasi untuk membukukan Öri dalam peranannya di masyarakat Nias.

PROSPEKTIF & WACANA PEMEKARAN KABUPATEN NIAS   MENUJU  PEMBENTUKAN PROPINSI TANÖ  NIHA

 cover tn2004pressH5_front       (Cuplikan Kata Pengantar pada Cetakan ke-4 Tahun 2004) Tak terkira begitu banyak reaksi positif yang kami terima sebanyak pendapat kontra selama kami mempersiapkan buku ini, demikian juga di antara kami sebagai penulis. Pemikiran pro dan kontra ini menggugah kami menulis setiap jengkal data yang ditemukan. Dalam prakteknya, dan ini membentuk opini fakta, roda pembangunan itu memang harus terus berputar, kecuali dihentikan (ini hampir tidak mungkin terjadi). Ketidakcocokan perputarannya bisa terjadi karena tanpa arah dan tujuan, jalan yang tidak disiapkan, dan pengendara yang tidak menguasai roda. Sebagaimana setiap orang juga memiliki ilustrasi sendiri tentang pembangunan, sebanyak itulah opini yang terus bergulir melengkapi buku ini.

      Sejumlah uji terhadap penelitian kami telah dilakukan pada beberapa daerah baik di wilayah  Nias dan beberapa  item turut kami uji coba pada banyak wilayah kabupaten di luar Nias.

            Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data tentang “Öri” yang berlaku hingga tahun 1965 di seluruh Kabupaten Nias, sehingga keterangan dapat terkumpul dalam satu tulisan, yang akan memudahkan anak cucu, generasi muda Suku Nias (Suku Ono Niha) untuk mengenal budayanya; Untuk menemukan data tentang keinginan masyarakat Nias untuk meningkatkan kesejahteraan, pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya dalam era otonomi daerah ini; Untuk menemukan data tentang batas-batas wilayah jika dilakukan pemekaran desa, kecamatan dan pemekaran Kabupaten Nias serta akhirnya menuju pembentukan Propinsi Tanö Niha, sebagai sebuah ide dan cita-cita dalam mengembangkan Kabupaten Nias untuk minimal 25 tahun mendatang.

           Manfaat Penelitian ini adalah memperdalam pemahaman penulis dalam hal tentang “Öri” yang berlaku hingga tahun 1965 di seluruh Kabupaten Nias, sehingga keterangan dapat terkumpul dalam satu tulisan, yang akan memudahkan anak cucu, generasi muda Suku Nias ( Suku Ono Niha) untuk mengenal budayanya; Menjadi bahan masukan bagi pengambil keputusan baik bagi Pemerintah (Kabupaten Nias, Propinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat); dan bagi Legislatif (DPRD Kabupaten Nias, DPRD Propinsi Sumatera Utara, dan DPR RI); dan juga bagi Suku Nias ( Suku Ono Niha) khususnya (Tokoh masyarakat Nias) dimanapun berada dan masyarakat umumnya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat/masyarakat Nias khususnya dan Indonesia umumnya dalam memasuki era globalisasi; Menjadi bahan masukan bagi Perguruan Tinggi, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, dan menjadi bahan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan.

              Teriring banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu  dan mengkritik kami dalam menyusun buku ini, baik moril maupun materil, keikutsertaan Anda semua merupakan bukti nyata langsung pelaksanaan pembangunan.

Semoga buku ini bermanfaat.  (ON)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 thoughts on “Prospektif & Wacana Pemekaran Kabupaten Nias Menuju Pembentukan Propinsi Tanö Niha

  • January 7, 2015 at 9:01 PM
    Permalink

    Yth. Admin

    Boleh dapat info, dimana saya bisa dapatkan buku ini?

    Terima kasih ats informasinya.

    Ya’ahowu.

    Reply
    • January 13, 2015 at 3:08 PM
      Permalink

      Ya’ahowu Pak Anta Harefa,

      terimakasih atas kunjungan Anda pada website ini. E-mail Anda telah diteruskan kepada penulis. Sebagai info, buku ini sedang diedit untuk penerbitan edisi revisi berikutnya.

      Admin

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>